9 Aspek dalam manajemen proyek

Di dalam manajemen proyek, begitu banyak yang mesti dipertimbangkan. hal ini bertujuan agar output proyek sesuai dengan sasaran dan tujuan yang direncanakan. Pertimbangan ini mengacu pada identifikasi berbagai masalah yang mungkin akan terjadi ketika proyek akan di realisasi. Beberapa hal yang dapat diidentifikasi serta menjadi masalah dalam manajemen proyek, sehingga membutuhkan penanganan yang cermat adalah sebagai berikut :

1. Aspek Manajemen Proyek Terhadap Keuangan

Aspek keuangan merupakan masalah yang berkaitan dengan pembiayaan proyek dan pembelanjaan. Keuangan ini biasanya berasal dari modal sendiri atau pinjaman dari bank yang dilunasi dengan jangka pendek ataupun jangka panjang.
Pembiayaan dari segi keuangan merupakan sesuatu yang sangat krusial, mengingat proyek-proyek didapati dengan skala besar, maka memiliki tingkat kompleksitas yang rumit dan perlu diadakannya analisis keuangan yang cermat dan terencana.

2. Aspek Manajemen Proyek Terhadap Anggaran Biaya

Aspek anggaran biaya merupakan masalah yang berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian biaya selama proyek direalisasikan. Angaran biaya seharusnya dilakukan dengan memperhitungkan secara rinci pengeluaran berdasarkan item-item pekerjaan yang akan dilaksanakan. hal ini berpengaruh pada keakuratan data, apabila salah menghitung dan tidak memperhitungkan hal-hal yang rinci, maka sudah bisa dipastikan akan terjadi pembengkakan anggaran biaya dan hanya akan menimbulkan kerugian bagi pengelola anggaran biaya.

[sc name=”iklan umum link”]

[sc name=”Iklan teknik sesuai konten”]

3. Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia

Aspek manajemen sumber daya manusia merupakan masalah yang mempertimbangkan sebuah organisasi yang bertanggung jawab dalam mengelola proyek yang diselenggarakan. agar tidak menimbulkan permasalahan yang kompleks, perencanaan SDM di bentuk dengan melakukan langkah-langkah tertentu, seperti dari proses staffing SDM, deskripsi kerja, memperhitungkan beban kerja, deskripsi wewenang, tanggung jawab yang akan dipikulnya serta penjelasan mengenai sasaran dan tujuan proyek.

4. Aspek Manajemen Produksi

Aspek manajemen produksi merupakan masalah yang berkaitan dengan hasil akhir proyek. apabila hasil proyek negatif, bisa saja proses perencanaan dan pengendaliannya tidak baik. Maka darisinilah perlu diadakannya peningkatan produktivitas SDM, meningkatkan kualitas produksi melalui jaminan mutu dan pengendalian mutu serta meningkatkan efisiensi proses produksi dan kerja.

5. Aspek Manajemen Proyek Terhadap Harga

Aspek Harga merupakan masalah yang timbul berdasarkan kondisi eksternal dalam hal persaingan harga. Biasanya produksi yang membutuhkan biaya yang tinggi akan merugikan perusahaan jika tidak direncanakan pengendalian resikonya, terlebih lagi jika produksi yang dihasilkan kalah bersaing dengan produk lainnya.

6. Aspek Efektivitas dan Efisiensi

Aspek efektivitas dan efisiensi merupakan masalah yang berkaitan dengan metode kerja, apabila di dalam metode kerja tidak dapat memenuhi efektivitas dan efisiensi dalam produksi, maka hal ini akan merugikan pihak yang mengelola proyek tersebut. hal ini disebabkan, setiap pengelolaan proyek yang tidak efektif dan efisien akan menghasilkan pemborosan dan membutuhkan biaya yang sangat besar dalam pengelolaannya.

7. Aspek Manajemen Proyek Terhadap Pemasaran

Aspek pemasaran merupakan masalah yang menyangkut perkembangan faktor eksternal yang berhubungan dengan persaingan harga, strategi promosi, mutu produk serta analisis pasar dengan memperhitungkan pergerakan pasar secara berkala.

8. Aspek Manajemen Proyek Terhadap Mutu

Aspek Mutu merupakan masalah yang berkaitan dengan kualitas produk akhir yang tujuannya produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk lainnya dan dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan.

9. Aspek Manajemen Proyek Terhadap Waktu

Aspek waktu merupakan masalah yang memperhatikan tentang cepat lambatnya produksi produk. Apabila produk yang diproduksi melambat, tentu akan mengalami kerugian biaya dan apabila produksi dipercepat maka akan menghasilkan keuntungan.

[sc name=”iklan umum link”]

Kesimpulan..

Dengan memperhitungkan aspek-aspek dalam manajemen proyek kiranya ini akan melatih kehebatan anda dalam tugas-tugas manajer yang bertanggung jawab terhadap berbagai macam proyek serta mampu mengendalikan proyek yang sedang berjalan walaupun terdapat resiko yang mungkin akan dihadapi.

[sc name=”Subscribe website ini”]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *