3 Pengertian air limbah pada lingkungan

Pengertian air limbah pada lingkungan – Air limbah merupakan air buangan yang sudah digunakan oleh berbagai jenis aktivitas manusia, aktivitas ini meliputi : rumah tangga, industri dan bangunan umum. Umumnya, air limbah mengandung jenis senyawa yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia dan tidak dapat dipakai kembali sebelum dilakukannya pengolahan air limbah. dalam uraiannya air limbah terdiri lagi dari 3 pengertian :

[sc name=”Iklan display terbaik”]

1. Pengertian air limbah cair atau air buangan

Jenis air limbah cair merupakan cairan buangan yang asalnya dari kegiatan rumah tangga, perdagangan, industri dan tempat-tempat umum lainnya yang mengandung zat / senyawa yang sangat membahayakan kondisi kesehatan manusia serta dapat mengganggu kelestarian lingkungan.

2. Pengertian air limbah akibat sampah

Air yang sebelumnya belum digunakan dan bersih dari zat-zat yang dapat membahayakan kesehatan akan menjadi air limbah apabila sudah bercampur dengan sampah-sampah buangan yang mencemari kualitas air. Buruknya tata kelola sampah dan kurangnya pengawasan yang berada dilingkungan dapat menjadikan air bersih menjadi air limbah.

[sc name=”iklan umum link”]

3. Pengertian air limbah akibat pencemaran udara

Air limbah juga dapat disebabkan dari pencemaran udara, Pencemaran udara yang dapat mencemari air hujan dapat membuat hujan asam. Awalnya, tingkat keasaman (pH) air hujan normal adalah 5.6. Tetapi, akibat dari polusi udara yang terdiri dari SO2 dan NO2 akan dapat membetuk senyawa asam lainnya yang dapat menurunkan pH air hujan. Efek dari hujan asam ini dapat melarutkan logam-logam berat yang ada dalam tanah sehingga dapat menurunkan kualitas air tanah dan air yang berada di permukaan tanah dari proses siklus hidrologi.

Air limbah dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan sebagai sumber penularan penyakit seperti : hepatitis, kolera, radang usus, iritasi, ascariasis, cacingan, leptospirosis dan schistomiasis. Komposisi air limbah sendiri mengandung banyak bakteri patogen, bahan beracun, logam berat, merkuri dan bahan lain yang mudah terbakar. Saking berbahayanya air limbah, hal ini dapat menimbulkan ancaman bagi biota yang hidup di dalam air salah satu contohnya adalah ikan yang hidup di air tawar, walaupun beberapa biota mungkin masih bisa bertahan hidup, sangat tidak disarankan untuk tidak mengonsumsinya karena sudah tercemar dengan zat-zat yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

[sc name=”Subscribe website ini”]

[sc name=”Iklan teknik sesuai konten”]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *