5 Perusahaan Teknologi Yang Mengubah Dunia

Bagi seorang pengusaha membangun bisnis sukses adalah impiannya. Untuk mencapainya sangat sulit kadang untung, kadang juga buntung. Tapi di era yang canggih ini teknologi datang untuk membantu manusia bahkan pengusaha dalam mengelola bisnis lebih massif dan persuasif.

Di era revolusi industri 4.0 telah banyak lahir perusahaan yang berpengaruh di penjuru dunia dengan inovasi teknologinya. Inovasi teknologinya ini ternyata bisa mengubah kehidupan masyarakat dunia sampai 180 derajat berbeda dengan kehidupan sebelumnya.

Di pembahasan kali ini akan di ulas seputar 5 perusahaan teknologi yang mengubah dunia. Salah satunya ternyata karya anak bangsa yang diakui oleh dunia. Siapakah dia?. Selengkapnya simak penjelasan di bawah ini ya!

Apple

Sumber foto : www.pocket-lint.com

Menurut Majalah fortune perusahaan “Change The World” terbaik ketiga di raih oleh Apple sebuah perusahaan handphone besutan Steve Jobs. Perusahaan ini memiliki inovasi yang luar biasa di setiap periodenya. Inovasi yang dibuatnya ini menjadi pioner yang menstimulus vendor-vendor untuk mengembangkan smartphone yang lebih sempurna.

Tahukah kalian kaum  muda, munculnya ponsel pertama kali dengan keyboard fisik, tapi iPhone karya Apple ini malah membuat keyboard ponsel dengan layar penuh, sentuh dan virtual. iPhone juga membuat terobosan perangkat komunikasi melalui internet, seperti chat dan telepon berbasis data melalui media sosial bukan dengan menggunakan pulsa seperti SMS atau telepon biasa.

Tahukah kalian kaum muda? Ternyata dulu dalam menginstal aplikasi melalui HP itu cukup rumit karena harus mengunduh di komputer dan baru terhubung di ponsel. Tapi lagi-lagi Apple membuat karya App Store yang memudahkan konsumen menginstal aplikasi.

App store juga memberikan peluang bisnis bagi developer untuk menjual aplikasinya di App store. Awal berdiri hanya 500 aplikasi, tahun 2017 mencapai 2,1 juta aplikasi.

Baca juga: 5 Usaha yang menguntungkan dengan modal kecil

Gojek

Sumber foto : tirto.id

Perusahaan strat up dari Indonesia yaitu Gojek telah masuk daftar perusahaan “Change The World” dari Majalah Fortune. Pada tahun 2017, Gojek masuk di peringkat 17 dan di tahun 2019 masuk di peringkat 11.

Gojek merupakan perusahaan startup pertama Indonesia yang bisa mendunia dan memiliki visi mulia. Visinya yaitu menjadi perusahaan yang solutif dan memberdayakan banyak orang terutama yang tidak berdaya dengan memanfaatkan teknologi.

Di tahun 2019 Gojek bisa masuk daftar Fortune karena telah memberikan perubahan percepatan finansial dan ekonomi digital di Indonesia melalui inovasinya berupa GoPay. Pengguna jasa dan pembelian produk melalui GoPay berhasil mencapai lebih dari 6 juta dolar AS. Selain itu GoPay juga memberikan pinjaman untuk 130.000 kepada pengusaha mikro.

Gojek adalah bukti bahwa karya anak Indonesia bisa mendunia karena membawa kebermanfaatan bagi kesejahteraan masyarakat sekitar. Jadi janganlah ragu untuk meraih mimpi mewujudkan perusahaan yang berpengaruh bagi dunia.

Supaya bisa sukses memberikan kontribusi kemajuan di bidang bisnis yang mendunia, ingatlah jangan lelah untuk berinovasi sesuai kebutuhan pasar, beradaptasi dan pandai memanfaatkan perubahan zaman seperti dunia digital saat ini, dan menyebarkan energi kebermanfaatn bagi masyarakat. Ketika suatu perusahaan menyebarkan nilai kebaikan kebermanfaatan akan mudah di cari dan dipercaya pelanggan sehingga bisa mengundang keuntungan.

Instagram

Sumber foto : www.liputan6.com

Menurut We Are Social, Hootsuite tahun 2020 bahwa 79% orang Indonesia mengakses Instagram. Instagram adalah sebuah kehidupan baru khususnya bagi anak millenial, jika sehari saja tidak membukanya, jiwa rasanya kosong melopong.

Instagram didirikan oleh Kevin Sytrom dan Mike Krieger. Mereka mengembangkan instagram pertama kali hanya 8 minggu yang rilis 6 Oktober 2010 dengan 25.000 pengguna. Selama sebulan telah di unduh 1 juta orang.

Pada 2012 Facebook mengakuisisi Instagram. Selama di kelola FB, IG semakin pesat kemajuannya, lantaran lebih dari 800 juta pengguna aktif setiap bulan.

Instagram memiliki berbagai fitur menarik yang selalu membuat pengguna semakin eksis di dunia maya, seperti: live, IG story, boomerang, IGTV dll. Tak heran Instagram ini melahirkan berbagai selebgram atau influencer yang digemari para netizen. Instagram juga banyak dimanfaatkan bagi kalangan pengusaha untuk melakukan pemasaran yang instensif dan persuasif untuk meraup keuntungan. Bahkan berkat IG lahir pekerjaan baru yaitu admin Instagram.

Bagi masyarakat biasa, instagram menjadi ajang mereka untuk menorehkan karya-karya kreatifnya. Misalnya saja banyak video musik cover yang di post di IG, terus ada video lucu dan kreatif tentang keseharian, membuat karya tulis yang lebih indah dengan gambar dan video, bahkan masyarakat bisa menjadi sosok jurnalis yang selalu up date di IG tentang realita yang terjadi.

Selain itu IG bisa mengajak orang untuk peduli sesama dan bisa menjadi media edukasi banyak orang. Contohnya, akhir-akhir ini ada gerakan Solidaritas Lawan Corona yang dipelopori oleh Najwa Shihab dkk telah berhasil menggalang dana sebesar 9 Miliar selama 4 hari. Jadi begitu massifnya IG yang bisa menjelajahi kehidupan pribadi dan sosial masyarakat.

Facebook

Sumber foto : www.thejakartapost.com

Menurut We Are Social, Hootsuite 2020, bahwa 82% masyarakat Indonesia masih aktif menggunakan facebook yang mengalahkan IG. Facebook juga merupakan raksasa teknologi sedunia yang tidak ada tandingannya karena Instagram dan Whatsapp sudah dimiliki oleh Facebook.

Facebook juga menjadi media utama dalam melakukan jual-beli dengan fitur Fans Page yang lebih unlimited daripada IG karena bisa menampung jutaan orang.

Perusahaan raksasa ini memanfaatkan adanya integrasi dengan sosial media yang dimilikinya, contohnya melalui IG story yang bisa di unduh langsung ke Facebook. Secara tidak langsung 1 informasi akan cepat menyebar di berbagai media, akan berpeluang terjadinya dominasi informasi. Maka tak heran jika ungkapan ini menjadi kenyataan “Siapa yang mampu menguasai informasi dia menguasai dunia”.

PayPal

Sumber foto : penadiri.com

Pada Oktober 1999, Pay Pal didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin. Awalnya PayPal adalah layanan pengiriman uang melalui dua Palm Pilot. Palm Pilot adalah perangkat dalam Personal Digital Assitant (PDA) berperan untuk menyimpan data. Jadi berdirinya PayPal itu membantu masyarakat mengirim uang secara digital melalui PDA.

Setelah itu Pay Pal mencoba untuk membantu eBay sebagai belanja online dengan membuka sistem PayPal untuk membantu pelanggan  untuk bertransaksi langsung di website eBay. Dari pengalaman itu pengguna Pay Pal mencapai 1000 ribu dan setenagh tahun bisa memikat satu juta pengguna.

Baca juga: 6 Cara Mencintai Pekerjaan

Menurut Majalah Forbes, PayPal termasuk situs pembayaran digital nomer pertama di dunia karena 100 juta pengguna di 190 pasar yang beraneka macam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *