Pengertian Tender di dunia konstruksi

Pada saat dilakukannya pengadaan tentang pembuatan bangunan dengan maksud tertentu seperti meningkatkan fasilitas daerah, memajukan ekonomi, memelihara budaya suatu wilayah dan lain lain. maka setiap pembangunan yang diadakan akan membutuhkan begitu banyak teknisi, dibalik itu semua principal/pemberi proyek akan membuat kegiatan berupa tender proyek. Kegiatan ini ditujukkan untuk memberi kesempatan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara si “pemberi proyek” dan si “penyedia jasa” serta si “pemakai bangunan”.

[sc name=”iklan umum link”]

Saat tender diadakan pemborong harus memberikan penawaran yang terbaik dari segi Rencana Anggaran Biaya, kualitas dan kuantitas juga efisiensi yang akan didapatkan oleh si pemberi proyek. Tujuan dari pemborong harus menyediakan penawaran yang terbaik karena saat pelelangan proyek, terdapat beberapa pemborong yang saling bersaing memperebutkan proyek tersebut. Tender dalam pelaksanaannya dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :

  1. Tender Umum
  2. Tender Melalui Undangan/dibawah tangan
1. Pengertian Tender Umum

Tender umum, merupakan suatu kegiatan yang menyempatkan si “pemberi proyek” untuk menyiarkan dan memberitahukan bahwa akan diadakannya proyek pembangunan melalui media umum melalui jalur iklan, internet, media sosial dan lain-lain, tujuannya agar si pemberi proyek mendapatkan lebih banyak pemborong yang bisa diseleksi sebaik mungkin dan dinyatakan layak untuk menerima proyek tersebut.

2. Pengertian Tender melalui Undangan/dibawah tangan

Tender melalui undangan merupakan kegiatan yang menyempatkan si “pemberi proyek” menyiarkan dan memberitahukan tentang diadakannya sebuah proyek tetapi melalui jalur undangan/rahasia dan hanya pemborong tertentu saja yang bisa mengikuti acara tersebut. biasanya dari kegiatan tender melalui undangan ini dilakukan karena si “pemberi peoyek” memiliki spesifikasi khusus tentang calon pemenang yang akan diseleksi seperti : pemborong mesti pemborong lokal, pemborong sudah memiliki pengalaman yang banyak dalam mengerjakan proyek dan lain-lain.

[sc name=”iklan umum link”]

Setelah terpilihnya pemborong yang memenangkan tender maka surat kontrak harus segera dibuat, surat kontrak merupakan perjanjian yang terulis dimana antara si “pemberi proyek” dan “pemborong” harus menyepakati hal apa saja yang tertulis dalam surat kontrak. Surat kontrak ini dibuat rangkap 2 diatas kertas bermaterai, yang satu untuk pemborong dan yang satunya untuk direksi/pengawas proyek. Penawaran yang dibuat oleh pemborong pada waktu yang telah ditentukan harus dimasukkan di dalam “gambar kerja” dengan sampul dan diberi alamat. DENGAN CATATAN ALAMAT SI PENGIRIM TIDAK BOLEH DITULIS DI LUAR SAMPUL. Hal ini perlu dihindari untuk menjaga sangkaan yang tidak di inginkan.

Kesimpulan..

Dari pembahasan yang begitu panjang kita dapat menyimpulkan bahwa pengertian tender merupakan kegiatan seleksi untuk memilih pemborong yang layak dimenangkan dan diberi tanggung jawab untuk menyelesaikan proyek konstruksi yang akan dibangun.

[sc name=”Subscribe website ini”]

[sc name=”Iklan teknik sesuai konten”]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *